Kesimpulan Manajemen

 KESIMPULAN MANAJEMEN



  • Pengertian Manajemen: Manajemen adalah suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Atau secara umumnya adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengendalikan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien untuk menggunakan sumber daya organisasi.

  • Definisi Manajemen Menurut Para Ahli
Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
• Menurut Ricky W. Griffin, manajemen adalah suatu proses perencanaan, dan pengontrolan sumber daya dalam mencapai sasaran secara efektif dan efisien.
• Menurut Henry Fayol, manajemen adalah ilmu yang memiliki gagasan atau 5 ide fungsi utama
• Menurut George R. Terry, manajemen adalah proses yang khas terdiri dalam suatu tindakan-tindakan
• Menurut Eiji Ogawa, manajemen adalah sebuah perencanaan atau organisasi dalam menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai pada kondisi yang fleksibel.


  • Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen merupakan suatu elemen-elemen dasar yang selalu ada, kemudian dapat melekat pada proses manajemen yang ingin dijadikan acuan oleh manajer ketika melakukan kegiatan dalam mencapai tujuan.
Adapun fungsi manajemen menurut beberapa para ahli :
• Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol
Menurut Henry Fayol, ada lima fungsi utama ilmu manajemen yang meliputi :
Fungsi Perencanaan (planning)
Fungsi Pengorganisasian (organizing)
Fungsi Memerintah (commanding)
Fungsi Pengkoordinasian (coordinating)
Fungsi Pengawasan (controlling)
• Fungsi Manajemen Menurut George R Terry
George R Terry juga mengemukakan teorinya mengenai fungsi manajemen. Dalam bukunya yang berjudul Principle of Management dijelaskan ada 4 meliputi :
fungsi manajemen Planning (Fungsi perencanaan) Organizing (Fungsi pengorganisasian)
Actuating (Fungi pelaksanaan)
Controlling (Fungsi pengendalian)
• Fungsi ManajemenMenurut Louis A. Allen meliputi :
Leading (kepemimpinan)
Planning (perencanaan)
Organizing (menyusun)
Controlling (mengawasi)
• Fungsi Manajemen Menurut McNamara meliputi :
Programming (pengaturan)
Planning (perencanaan)
Budgeting (penganggaran)
System (penyusunan sistem
• Fungsi Manajemen Menurut Kooontz & O’Donnel meliputi :
Planning (perencanaan)
Organizing (menyusun)
Staffing (penyusunan pegawai)
Directing (pengarahan)
Controlling (pengendalian)
•  Fungsi Manajemen Menurut Dr. S. Siagian meliputi :
Planning (perencanaan)
Organizing (pengorganisasian)
Motivating (motivasi)
Controlling (pengawasan)
Evaluating (penilaian)


  • Tujuan Manajemen
Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang akan dipilih secara efektif dan efisien agar mencapai pada suatu tujuan dan Dapat melakukan inovasi atas kegiatan sehingga dapat lebih teratur.

  • Unsur Manajemen Ada 6 unsur-unsur manajemen yang sangat dikenal sekali yaitu (6M) adalah man, money, materials, machines, methods dan market.

  • Manajamen memiliki prinsip-prinsip agar sukses dalam menjalankan tugasnya diantaranya yakni:
•  Pembagian tugas.
• Otoritas dan tanggung jawab.
• Disiplin.
• Kesatuan komando.
• Kesatuan arah.
• Subordinasi kepentingan individu.
• Pengajian.
• Pemusatan.

  • Manajemen memiliki 3 tingkatan dasar, yaitu:
• Manajemen puncak, adalah tingkat manajemen yang paling atas dan memiliki otoritas tertinggi pada sebuah organisasi perusahaan dan bertanggungjawab langsung kepada pemilik perusahaan.
Manajemen puncak memiliki beberapa peran dan tugas diantarnya adalah:
a. Menyusun dan menetapkan rencana perusahaan
b. Menentukan tujuan perusahaan
c. Mengatur manajemen yang berada dibawah posisi manajemen puncak
• Manajemen tengah berada pada tengah tengah dari hirarki manajemen pada sebuah perusahaan.
a. Menjalankan perintah, kebijakan, rencana yang telah disusun oleh manajemen puncak
b. Memberi saran atau rekomendasi kepada manajemen puncak
• Manajemen lini pertama adalah tingkatan manajemen yang paling rendah dalam sebuah perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SDGs

Danau Toba

Final Report